Wednesday, February 7, 2018

Mitos Seputar Diet

Sebagian orang berdiet untuk mengurangi berat badan. Meski begitu, gak menutup kemungkinan orang berdiet untuk menambah berat badan agar ideal. Hanya saja, ternyata, ada banyak mitos gak benar seputar diet menurunkan berat badan, lho. Dilansir dari National Health Service, berikut mitos keliru yang harus kamu waspadai.

1. Olahraga ekstrem adalah satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan

Nyatanya, penurunan berat badan itu gak bisa instan. Diet yang sukses justru perlu dilakukan dengan perlahan dan dalam waktu yang lama. Caranya dengan membakar kalori lebih banyak daripada yang kamu konsumsi, seperti makan lebih sedikit dan bergerak lebih banyak.

2. Makanan sehat lebih mahal

Makanan sehat dan organik memang kelihatan lebih mahal daripada makanan gak sehat. Namun, kamu bisa mengakalinya. Salah satu contohnya dengan membeli daging murah dan mencampurkannya dengan sumber protein yang lebih murah, seperti kacang-kacangan.

3. Karbohidrat membuat berat badanmu bertambah

Sebenarnya, jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, karbohidrat bisa jadi diet yang baik. Untuk mencegah kenaikan berat badan, konsumsilah gandum utuh. Kamu bisa makan roti gandum atau nasi merah. Kamu juga bisa makan kentang, namun jangan digoreng dengan tepung, ya. Bisa-bisa, berat badanmu malah naik.

4. Merasa lapar adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan

Cara tersebut bukanlah cara terbaik untuk menurunkan berat badan untuk jangka panjang. Lapar hanya akan membuat tubuhmu kekurangan energi. Itu sebabnya kamu akan lebih menginginkan makanan tinggi lemak dan gula. Ujung-ujungnya, asupan kalorimu makin naik bersamaan dengan berat badanmu.

5. Semua pil pelangsing aman untuk menurunkan berat badan

Sebenarnya, cara terbaik untuk mengetahui apakah pil pelangsing aman untukmu dengan berkonsultasi lebih dulu dengan dokter. Sebaiknya, jangan asal minum pil yang beredar di pasaran tanpa adanya pengawasan dari dokter, ya. Itu karena bisa jadi pil-pil tersebut mengandung bahan kimia berbahaya.

6. Makanan berlabel rendah lemak adalah pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan

Maksud dari rendah lemak adalah jumlah kandungan lemak pada suatu produk lebih sedikit daripada versi penuhnya. Itu sebabnya, produk berlabel tersebut tak menjamin cocok untuk pilihan dietmu. Cara paling amannya adalah mengecek fakta nutrisi yang tercantum pada kemasannya. Bisa jadi, makanan rendah lemak mengandung kadar gula yang tinggi, lho.

7. Mengurangi makan makanan ringan bisa membantumu mengurangi berat badan

Camilan di sela-sela waktu justru bisa meningkatkan energimu, terlebih jika gaya hidupmu sangat aktif. Untuk itu, kamu bisa memilih camilan berupa buah atau sayuran. Namun, bukan berarti kamu malah memilih keripik atau cokelat yang jelas-jelas tinggi akan gula, garam, dan lemak.

8. Minum air membantu menurunkan berat badan

Air tidak membuat berat badanmu turun. Air hanya akan membuatmu tetap terhidrasi. Namun, minum air bisa membantumu mengurangi konsumsi camilan. Itu karena rasa haus kadang kamu artikan sebagai rasa lapar.

9. Melewatkan makan adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan

Justru, itu bukanlah ide yang baik. Melewatkan makan hanya akan membuatmu kehilangan nutrisi penting. Lebih baik kamu rutin makan, meski jumlahnya kamu kurangi sedikit demi sedikit. Bisa juga dengan mengurangi kalori dengan berolahraga.

Itu tadi mitos-mitos gak benar seputar diet. Yuk, ubah itu semua! Mulai sekarang, ubah pandanganmu bahwa diet itu untuk membuat berat badanmu menjadi ideal, bukan sekadar kurus saja.

Post a Comment: