Sunday, June 17, 2018

Tips Makan Ramen Dengan Nikmat
 
Mie asal Jepang ini kenikmatannya memang telah tersohor hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tak jarang ramen mengalami penyesuaian terhadap kultur atau kebiasaan makan di negara-negara lain, baik soal resep atau cara makannya.

Setiap orang punya gaya makan ramen masing-masing yang dianggap paling nyaman. Ada yang suka makan dengan sumpit, ada yang suka dengan garpu, dengan topping terpisah atau diaduk terlebih dahulu. Namun ternyata orang Jepang punya cara tradisional sendiri saat menyantap ramen, lho. Kamu sudah tahu?
 
1. Jangan mengambil terlalu banyak mie dalam sekali suap

Kesalahan dasar orang-orang saat makan ramen biasanya mengambil terlalu banyak mie dengan sumpit. Karena gak bisa habis sekali makan, akhirnya mie digigit dan jatuh kembali ke dalam mangkuk. 
 
2. Dekatkan jarak antara wajah dan mangkuk

Jarak antara wajah dengan mangkuk harus tepat, tidak terlalu dekat dan terlalu jauh. Jika terlalu jauh, effort untuk menghirup mie akan jadi lebih besar.
 
3. Bentuk mulut seperti huruf "O", lalu hirup dalam sekali makan hingga bersuara

Cara makan ini disebut juga slurping  dalam bahasa Inggris. Ambil sedikit bagian mie, bentuk mulut menyerupai huruf "O", lalu hirup tanpa terputus. Orang Jepang suka sekali menghirup ramen hingga menimbulkan bunyi khas.
 
4. Kalau kesulitan, bisa gunakan sendok sebagai alat bantu

Sendok ramen juga bisa kamu manfaatkan sebagai alat bantu untuk slurping  supaya lebih mudah. Letakkan sedikit mie di atas sendok, lalu makan sekali hirup.

5. Makan topping-nya secara terpisah

Banyak orang yang makan ramen dengan mencampur mie, kuah, sekaligus topping-nya. Cara makan ini dianggap paling enak,karena rasa dari topping dan kuahnya jadi lebih kental.

Bukan dilarang sebenarnya, tapi cara tradisional untuk menikmati ramen adalah dengan memakan topping-nya secara terpisah. Kalau ada telur setengah matang di mangkukmu, coba habiskan dalam sekali lahap.
 
6. Minum kuahnya secara terpisah

Sama seperti topping, kuah ramen juga dinikmati secara terpisah. Setelah makan mie, makan topping-nya, terakhir minum kuahnya. Sebagian suka menyantap kuah dengan sendok, tapi sebagian lagi minum kuah ramen langsung dari mangkuknya, terutama orang-orang tua.
 
7. Habiskan dengan cepat

Kamu punya waktu delapan menit untuk makan ramen dengan tekstur "aldente" sebelum mie mengembang karena overcooked. Jadi cara terbaik untuk makan ramen adalah habiskan dengan cepat.

Post a Comment: