Monday, February 4, 2019

Yang Harus Dilakukan Ketika Alergi

Alergi adalah reaksi sistem kekabalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya, meskipun sebenarnya tidak. Biasanya, alergi hanya muncul pada orang yang berdampak pada alergen atau zat pemicu alergen.

Alergi bisa saja muncul akibat makanan, cuaca, bahkan kondisi suatu tempat. Jika ada seseorang yang terkena alergi atau bahkan kamu sendiri yang mengalaminya, cobalah terapkan beberapa langkah penanganan pertama berikut ini.

1. Tetap tenang

Cobalah untuk tetap tenang atau menenangkan orang yang menderita alergi tersebut. Hal ini merupakan salah satu langkah penting, karena kecemasan dapat memperparah kondisi alergi.

2. Identifikasi reaksi alergi

Reaksi yang ditimbulkan alergi biasanya tergantung pada alergi dan kondisi kesehatan seseorang. Bisa saja alergi yang muncul menyebabkan gatal-gatal, ruam, dan iritasi kulit.

Selain itu, jika alergi bersumber dari makanan, gejala yang akan muncul adalah diare, kembung, dan masalah pencernaan lainnya. Untuk itu, saat alergi muncul, sebaiknya perhatikan gejala-gejala yang menyertainya.

3. Usahakan tidak menggaruknya

Gatal merupakan salah satu gejala yang muncul akibat alergi. Untuk itu, usahakan tidak menggaruk area tubuh yang gatal tersebut. Sebab, hal tersebut dapat membuat alergi bertambah buruk, bahkan menyebabkan risiko terjadinya infeksi pada kulit.

4. Konsumsi antihistamin dan decongestan

Selain gatal, reaksi alergi yang muncul biasanya berupa masalah pernapasan. Untuk itu, saat reaksi alergi tersebut muncul kamu bisa coba konsumsi antihistamin dan decongestan, yang berfungsi untuk mengurangi hidung tersumbat.

5. Kompres es

Untuk reaksi alergi yang sudah semakin memburuk, seperti muncul pembengkakan, kemerahan, serta gatal-gatal, kamu bisa coba menguranginya dengan penggunaan es. Kompres bagian tubuh yang muncul gejala tersebut hingga rasa sakit mulai benar-benar menghilang.

6. Gunakan salep atau krim pereda alergi

Salah satu penanganan yang dapat kamu lakukan segera sesaat alergi muncul adalah dengan mengoleskan salep atau krim dengan kandungan hidrokortison atau calamine. Krim atau salep dengan kandungan tersebut dipercaya dapat meredakan atau mengurangi gatal yang muncul akibat alergi.

7. Gunakan pakaian yang longgar dan lembut

Pakaian yang ketat nyatanya dapat memperburuk kondisi alergi. Rasa gatal pada kulit yang timbul akan semakin parah karena adanya gesekan pakaian. Oleh karena itu, hindari pakaian ketat dan jenis pakaian dengan bahan wol karena dapat memperparah gatal. Cobalah gunakan pakaian dari bahan katun yang dingin dan nyaman di kulit.

Jika kamu sendiri yang menderita alergi, sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja. Sebab, kondisi terparah alergi dapat menyebabkan kesehatan tubuh memburuk bahkan bisa berujung kematian. Coba terapkan beberapa langkah sederhana sebagai pertolongan pertama agar alergi tidak semakin buruk.

Post a Comment: