Friday, March 1, 2019

Fakta Unik Tentang Ramen Jepang
Banyak dari kalian pasti sudah mengetahui ramen. Makanan satu ini tidak hanya terkenal di Jepang saja, ramen juga terkenal sampai seluruh penjuru dunia termasuk salah satunya Indonesia. Banyak orang yang menyukai ramen karena rasanya yang enak terutama rasa kaldu dari kuah ramen itu sendiri yang dapat menggugah selera.

Selain rasanya yang enak, ramen juga memiliki fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang. Baiklah daripada kalian penasaran, inilah 5 fakta menarik dari ramen.

1. Ramen sebenarnya berasal dari Cina

Selama ini kita mengetahui bahwa ramen merupakan salah satu makanan khas Jepang. Tapi sebenarnya, ramen merupakan makanan yang berasal dari Cina. Ramen masuk ke Jepang pada abad 19. Pertama kali ramen disajikan oleh ilmuwan Konghucu untuk disajikan kepada Tokugawa Mitsukuni, orang yang sangat berpengaruh pada zaman Edo.

2. Awalnya ramen dibuat dari bahan sisa

Ramen yang kalian kenal saat ini awalnya dibuat dari bahan-bahan sisa. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya pembuangan bahan makanan. Setelah Perang Dunia II ramen mulai banyak dilirik oleh warga Jepang, salah satunya ialah tentara Jepang yang pada saat itu membuat ramen menggunakan tepung ransum. Pada saat perekonomian Jepang mulai maju tepatnya pada tahun 1980, ramen tidak lagi dibuat menggunakan bahan sisa lagi.

3. Ramen menjadi cikal bakal lahirnya ramen instan atau mie instan

Ramen menjadi cikal bakal lahirnya ramen instan atay mie instan yang kamu kenal saat ini. Awalnya ramen instan pertama kali dibuat oleh Momofuku Ando, pendiri dari Nissin Food Products. Dia terinspirasi untuk membuat ramen instan karena pada tahun 1958, Jepang mengalami kekurangan makanan. Dia berpikir untuk menciptakan suatu makanan yang enak, murah, dan tahan lama. Kemudian lahirlah ramen instan.

4. Di Jepang kamu dapat menemukan ramen pada vending machine

Biasanya vending machine menjual berbagai macam minuman. Tapi berbeda dengan Jepang. Disana kamu bisa menemukan vending machine yang menjual ramen. Hanya tinggal menekan tombol maka ramen akan langsung keluar.

5. Jepang pernah memecahkan rekor dengan membuat ramen berukuran raksasa

Guinness World Record pernah mencatat rekor ramen ukuran raksasa yang pernah dibuat. Ramen ini dibuat di wilayah Isesaski, Prefektur Gunma, Tokyo Utara. Tidak tanggung-tanggung, ramen ini memiliki berat mencapai 160 kg. Ramen raksasa tersebut berhasil dihabiskan oleh 579 orang.

Post a Comment: