Monday, December 23, 2019


Raih Sertifikasi Industri Hijau, Perusahaan Sukanto Tanoto Buktikan Komitmen Sebagai Produsen Pulp dan Kertas Ramah Lingkungan
Sumber: wartaekonomi.co.id

Prinsip keberlanjutan selalu menjadi pegangan perusahaan Sukanto Tanoto dalam menjalankan operasional produksinya. Setiap unit bisnis Royal Golden Eagle memegang prinsip tersebut, tak terkecuali APRIL Group. Sebagai perusahaan yang berbasis pada alam, isu kelestarian lingkungan selalu menjadi perhatian APRIL Group. Kepedulian inilah yang kemudian mendorong perusahaan untuk mengikuti kebijakan pro lingkungan dan melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan praktek industri yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Komitmen APRIL Group dalam mendorong praktek industri yang bertanggung jawab terus dilakukan dengan berbagai upaya. Selain menjadi sponsor sekaligus techinal manager Restorasi Ekosistem Riau (RER), unit bisnis Sukanto Tanoto ini juga selalu beroperasi dengan mengikuti kaidah dan aturan yang berlaku. Atas usahanya tersebut, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pun menganugerahkan sertifikasi industri hijau kepada salah satu anak usaha APRIL Group, yakni PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT RAPP).

Sertifikasi Industri Hijau untuk Industri Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan


Pada tanggal 16 Desember 2019 lalu, anak usaha APRIL Group, yakni PT RAPP menerima sertifikasi industri hijau atas komitmennya dalam menerapkan prinsip-prinsip industri hijau dengan baik. Sertifikasi ini diserahkan oleh Achmad Sigit Dwiwahjono selaku Sekretaris Jenderal Kemenperin di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta.

Mendapatkan sertifikat industri hijau merupakan sebuah pencapaian penting bagi perusahaan Sukanto Tanoto. Pencapaian ini pun menjadi salah satu bukti komitmen perusahaan dalam mewujudkan industri yang ramah lingkungan.

Sertifikasi industri hijau sendiri merupakan sebuah sertifikasi yang diberikan oleh pemerintah kepada perusahaan yang berhasil memenuhi standar industri hijau.

Efisiensi dalam memanfaatkan sumber daya alam, energi, air dan lingkungan menjadi syarat utama untuk mendapatkan sertifikasi ini. Dalam menerapkan kebijakan ini, ada 3 pendekatan yang diambil oleh pemerintah. Ketiga pendekatan tersebut meliputi no cost, low cost dan high cost. Dengan mengajak pelaku industri untuk melakukan perbaikan, efisiensi dan efektivitas produksi, tujuan pembangunan berkelanjutan yang terkandung dalam Sustainable Development Goals (SDGs) juga diharapkan bisa tercapai.

Praktek Industri Hijau APRIL Group


Sertifikasi industri hijau yang diperoleh anak usaha APRIL Group merupakan buah dari deretan upaya berkelanjutan yang telah dilakukan perusahaan. Pencapaian ini tidak lepas dari usaha perusahaan Sukanto Tanoto dalam menerapkan praktek industri yang berkelanjutan.

APRIL Group yang merupakan induk usaha dari PT RAPP selalu menerapkan kebijakan ramah lingkungan. Kebijakan zero waste juga diterapkan secara ketat demi meningkatkan efisiensi produksi dan pemanfaatan sumber daya alam.

Praktek industri ramah lingkungan diterapkan sejak proses pembibitan. Bibit eukaliptus dikembangkan di Kerinci Tissue Culture Laboratory dengan teknik kultur jaringan. Dengan teknik ini, PT RAPP dapat menghasilkan sekitar 100.000 bibit dari satu lembar daun.

Untuk menekan eksploitasi alam secara berlebihan, perusahaan Sukanto Tanoto hanya menggunakan bahan baku dari sumber-sumber terbarukan. Informasi terkait rantai produksi juga tersedia secara transparan. Publik bisa mengaksesnya bahkan melacak asal bahan baku dari produk yang mereka beli.

Dalam industri pulp dan kertas, air menjadi salah satu bahan yang paling banyak digunakan dan dibuang. Untuk meminimalisir air yang terbuang, PT RAPP menerapkan praktek daur ulang air. Melalui kebijakan tersebut, limbah yang dihasilkan dapat ditekan. Pencemaran lingkungan juga dapat dihindari.

Selain menerapkan praktek industri yang ramah lingkungan, APRIL Group beserta jajaran anak usahanya juga aktif dalam kegiatan sosial. Melalui program desa bebas api, perusahaan Sukanto Tanoto tersebut menggandeng masyarakat untuk mencegah kebakaran hutan. Selain itu, APRIL Group juga aktif mengadakan pelatihan dan berbagai program yang dapat memberi dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar.

Post a Comment: