Saturday, January 18, 2020


Pereda Gejala Asam Lambung Paling Mudah dan Mujarab

Sebagian dari Anda tentu pernah mengalami yang namanya penyakit asam lambung. Penyakit yang disebabkan karena meningkatnya produksi asam pada lambung sangat menyebabkan perasaan tidak nyaman. Maka dari itu, banyak orang yang ingin segera meredakan gejala penyakit ini. Adapun obat pereda gerd atau gastroesophageal reflux disease paling mudah dan mujarab di antaranya seperti berikut.

9 Alternatif Pereda Gejala Asam Lambung Mudah dan Mujarab

1.     Atur pola makan
Hal pertama yang dapat Anda lakukan dengan mudah guna meredakan gejala gerd adalah dengan mengatur pola makan. Makanlah dengan waktu yang pas dan sesuai dengan porsinya. Gunakan konsep makan 3 kali sehari yakni pagi, siang dan malam. Jangan lupa untuk memperhatikan kandungan gizi setiap asupan makanan yang Anda konsumsi.

2.     Kunyah makanan dengan benar
Jangan salah. Opsi berikutnya yang dapat Anda terapkan untuk meredakan gejala asam lambung tanpa resep dokter adalah dengan mengunyah makanan secara benar. Dengan mengunyah makanan secara benar dan sempurna, maka enzim yang berada di dalam lambung dapat mencerna makanan dengan mudah. Hal ini mengakibatkan risiko gejala penyakit gerd menjadi lebih minim.

3.     Hindari makanan berlemak dan bersantan
Tahukah Anda bahwa makanan yang banyak mengandung lemak dan santan ternyata dapat memperparah kondisi penyakit gerd. Hal tersebut dikarenakan bahwa makanan yang mengandung lemak dan santan dalam jumlah banyak dapat memicu produksi asam dalam lambung yang berlebih. Jadi, selain mengatur dan menjaga pola makan Anda juga dapat menghindari makanan berlemak dan bersantan.

4.     Perbanyak konsumsi air putih
Air putih memang sangat baik untuk kesehatan. Termasuk dalam meredakan gejala penyakit asam lambung. Saat produksi asam di dalam lambung meningkat, maka Anda dapat memperbanyak konsumsi air putih. Air putih yang Anda konsumsi tersebut dapat menyeimbangkan kadar pH. Hal tersebut menjadikan organ usus Anda dapat bekerja dengan lebih cepat.

5.     Tarik napas dalam-dalam
Ketika kadar asam dalam lambung Anda tengah naik, maka segeralah tarik napas dalam-dalam. Banyaknya kadar udara yang masuk ke dalam tubuh dapat memperkuat otot-otot yang terletak di bawah tenggorokan. Hal ini dapat mengurangi rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh meningkatnya produksi asam dalam organ lambung Anda.

6.     Kunyah permen karet
Sudahkah Anda tahu bahwa dengan mengunyah permen karet ternyata dapat meredakan gejala penyakit gerd. Hal ini lantaran aktivitas tersebut dapat merangsang laju terlepasnya air liur. Hal tersebut menyebabkan banyaknya produksi asam dalam lambung akan tercuci dan bersih dengan cepat. Dengan demikian, risiko penyakit tersebut tidak akan naik sampai menuju tenggorokan.

7.     Hindari minuman berkarbonasi
Alternatif lain demi meredakan gejala asam lambung ialah dengan menghindari minuman berkarbonasi. Hal ini karena minuman yang banyak mengandung karbonasi dapat menyebabkan peningkatan naiknya kadar asam dalam lambung. Apalagi ketika gejala gerd tersebut kambuh, mengonsumsi banyak minuman berkarbonasi dapat memicu sendawa sehingga jumlah asam akan banyak keluar dari kerongkongan.

8.     Hindari konsumsi mint
Jika Anda memiliki riwayat penyakit gerd, maka sebaiknya mulai aktif menghindari konsumsi mint atau peppermint. Hal tersebut mengingat bahwa dosis tinggi dari mint dapat memperburuk gejala penyakit tersebut. Tidak melulu dengan makanan, kandungan mint tersebut juga dapat terkandung dalam produk pasta gigi maupun obat kumur.

9.     Tinggikan bagian kepala saat tidur
Kambuhnya gejala asam lambung pada waktu malam hari sungguh menyiksa, bukan? Jika Anda mengalami problematika tersebut maka bisa coba untuk meninggikan bagian kepala ketika tidur. Hal tersebut merupakan strategi efektif yang dapat dilakukan sehingga Anda dapat kembali tidur dengan lebih nyaman.


Post a Comment: