Monday, February 17, 2020


Yuk Simak Cara Cek Tagihan Listrik PLN Yang Kini Semakin Mudah

Dengan semakin tingginya keperluan dan kebutuhan akan penggunaan listrik, tidak heran jika saat ini mulai banyak inovasi yang dilakukan dalam segi pengecekan dan pembayaran tagihan. Bahkan saat ini anda bisa melakukan pengecekan dan pembayaran tanpa perlu mendatangi loket pembayaran PLN. Beberapa cara cek tagihan listrik dan pembayarannya yang semakin mudah, bisa anda simak melalui ulasan yang diberikan pada artikel ini.

Inilah Cara Mengecek Dan Membayar Listrik Yang Perlu Anda Ketahui

1. Cara Cek Dan Bayar Tagihan Dengan Cara Offline
Cara offline ini mengharuskan anda untuk mendatangi perusahaan listrik atau PLN terdekat. Sebutkan nomor pelanggan anda pada pegawai PLN untuk mengecek tagihan yang harus anda bayar. Anda juga bisa mengecek tagihan PLN anda melalui gerai yang bekerja sama dengan PLN. Seperti contohnya, Indomaret, Alfamaret atau gerai isi pulsa. Anda bisa menyebutkan nomor pelanggan anda, maka selanjutnya gerai tersebut akan memproses pembayaran tagihan listrik anda.

2. Cara Cek Tagihan Dengan Cara Sms dan telepon
Seperti namanya, cara online tidak memerlukan anda untuk datang ke PLN atau gerai, namun anda cukup mengirim SMS atau telepon. Cara cek tagihan listrik tersebut adalah mengirim sms berisi BYR PLN spasi Kode Rekening Anda spasi Nomor ID listrik, lalu kirim ke 3355. Selain format tersebut, anda juga bisa mengirimkan sms dengan format: REK spasi Nomor ID listrik, dan kirim ke 8123. Kemudian anda bisa mengonfirmasi pembayaran melalui internet banking.

Anda juga bisa berlangganan pemberitahuan tagihan listrk PLN melalui sms. Sehingga, setiap bulannya anda akan dikirimi sms dengan informasi tagihan listrik anda. Selain itu, cara pengecekan tagihan PLN bisa dilakukan dengan melakukan telepon ke call center PLN 123. Pastikan anda sudah memasukkan kode area anda dengan benar, kemudian ikuti instruksi yang diberikan oleh pihak call center PLN untuk mengecek tagihan anda.

3. Cara Cek Tagihan Dengan Website Dan Aplikasi PLN
Cara cek tagihan listrik selanjutnya yang bisa anda coba adalah dengan mengunjungi website resmi PLN, www.cekbill.com. Di website tersebut masukkan nomor ID pelanggan pada kolom yang tersedia, dilanjutkan dengan memasukkan kode captcha untuk memverifikasi. Tunggu sebentar dan informasi mengenai tagihan listrik yang perlu dibayar akan segera muncul. Anda juga bisa mengecek tagihan dengan menggunakan aplikasi PLN mobile untuk android.

Anda perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasi tersebut melalui playstore. Buka dan pilih menu informasi pada tab menu. Kemudian, pilih menu informasi tagihan dan token listrik. Pada langkah selanjutnya, masukkan nomor id pelanggan anda. Tekan tombol cari, dan tunggu beberapa saat hingga informasi mengenai status nama pelanggan, daya, bulan, status pelanggan dan juga besar tagihan yang perlu anda bayarkan keluar.

4. Cara Cek Dan Bayar Tagihan Dengan Marketplace Online
Salah satu cara cek tagihan dan membayar listrik adalah dengan menggunakan marketplace online, atau e-commerce. Cara cek tagihan listrik bisa dilakukan melalui website atau mendownload aplikasi e-commerce yang anda minati. Diawali dengan mendaftar akun, anda bisa melakukan pengecekan melalui tab bayar tagihan PLN. Dengan memasukkan nomor id pelanggan anda, nantinya akan muncul segala informasi status dan juga tagihan yang perlu dibayarkan.

Selain menggunakan cara offline yang mengharuskan anda mendatangi perusahaan PLN ataupun gerai. Cara online yang bisa anda lakukan merupakan cara yang lebih mudah dan juga cara yang lebih cepat. Terutama untuk anda yang memiliki rutinitas yang padat. Dengan kemudahan tersebut, anda bisa menghindari kerugian akibat pemutusan penggunaan layanan listrik pada rumah anda, karena kelalaian untuk membayar listrik.


Post a Comment: